Yuk Belajar Chord Ukulele dan Ketahui Sejarahnya!

Bentuknya yang unik membuat ukulele banyak dicari bagi yang ingin belajar bermain gitar. Namun, siapa sangka kalau ternyata chord ukulele juga wajib dipelajari loh! Simak artikel berikut ini!

Ukulele merupakan sejenis alat musik petik yang hampir disamakan dengan gitar pada umumnya, namun berukuran lebih kecil yakni hanya berkisar 20 inchi saja.

chord ukulele

Awalnya, ukulele berasal dan merupakan alat musik asli dari Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879. Alat musik petik ini dalam Bahasa hawai disebut dengan kutu loncat, entah  maksudnya seperti apa.

Perjalanannya berawal dari imigran Portugis dan Portugal yang melakukan perjalanan melalui Afrika. Ia membawa gitar kecil yang disebutnya dengan nama Braginho.

Dengan dibekali empat senar saja, sudah dapat menciptakan alunan music yang indah, dan setelah itu malah menjadi alat musik popular di Hawai.

Karena masuk ke dalam jenis alat music petik, cara menggunakannya juga dengan cara dipetik, dimainkan dengan jempol atau petikan jari pada senar, ataupun dengan cara didengungkan.

Banyak juga yang bermain ukulele dengan menggabungkam intrumen lainnya yang digunakan cara dibetot, yakni dengan alat music gesek atau cavaquinho.

Chord Ukulele, juga dikenal baik di Indonesia. Contohnya dalam tatanan music keroncong. Ukulele bisa dijadikan sebagai alat musik utamanya.

Sebabnya karena ukulele tersebut juga dibawa ke Pulau Ambon, lalu mampir ke Makassar, dan berakhir di Cilincing (Kampung Toegoe) di Jakarta Utara.

Yuk, Belajar Chord Ukulele dan Ketahui Sejarahnya!

Selain itu, ternyata ukulele memiliki empat buah ukuran yang ke semuanya berbeda, inilah berbagai penamaannya:

  1. Soprano

Yang disebut dengan soprano ini, punya size yang paling kecil. Inilah yang paling memenuhi bentuk tradisional dari ukulele itu sendiri.

Baca Juga :  Pasti Galau, Berikut 9 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

chord ukulele

Karena bentuknya yang kecil ini, praktis untuk dibawa kemanapun kita bepergian. Belajar dasar chord ukulele juga lebih enak menggunakan alat musik yang kecil ini.

Apalagi kalau kamu lagi berusaha untuk melamar seseorang, so romantic!

  1. Concert

Setelah sopran, berikutnya kita bahas mengenai concert. Dengan adanya concert ini, bentuk dan model yang paling ideal dibandingkan dengan model yang lainnya.

Terdiri dari body, neck, dan sejumlah fret yang lebih besar dan lebih banyak dibandingkan jenis soprano. Ini dapat memudahkan jari kita untuk bereksplorasi lebih jauh tanpa harus meninggalkan suara asli dari ukulelenya.

  1. Tenor

Berikutnya adalah tenor, ukuran yang lebih besar dari soprano dan concert. Dimana ukuran dari body dan necknya tidak terlalu jauh berbeda dari concert.

Jenis inilah yang masih banyak digunakan oleh kaum profesional disebabkan jarak antar fret nya lebih lebar dengan fretboardnya yang jauh lebih besar.

Sehingga akan menimbulkan suara yang lebih tebal, sehingga sangat cocok pula untuk dimainkan secara solo.

  1. Baritone

Jenis baritone ini sangat cocok digunakan bagi pemain gitar yang convert pada ukulele secara instant dan cepat. Ukuran baritone ini memiliki tuning yang sama dengan empat buah senar bawah pada gitar.

Kunci dasar ukulele ini akan lebih mirip dengan gitar sehingga tak jarang bahwa suaranya akan terdengar sangat mirip dengan gitar.

chord ukulele

Meskipun begitu, bermain ukulele dan gitar tidaklah sama. Karena dalam belajar memainkan alat musik, memanglah harus dimulai dengan mengetahui dasarnya dahulu.

Sehingga dapat membuat perasaan terhanyut dalam alunan musik yang ada.

Dan kira-kira mana yang paling bagus untuk dimainkan? Tentunya sesuai dengan kebutuhannya ya guys! Selamat belajar dan semangat berkarya!

Baca Juga :  4 Rekomendasi Aplikasi untuk Memutar Musik Online yang Asyik!