Mengikuti Perkembangan Janin untuk Mengetahui Pertumbuhannya

Memiliki seorang anak adalah anugerah dari Sang Pencipta. Apalagi bagi pasangan yang sudah menikah, tentunya kehadiran buah hati begitu didambakan. Ketika sudah memasuki masa kehamilan, rasanya tidak sabar menantikan hari pertemuan dengan anak yang selama ini dikandung. Bulan demi bulan dilewati. Tentunya dengan terus menjaga kesehatan agar ibu dan anaknya sehat. Selama masa kehamilan pula, banyak orang tua yang penasaran akan Perkembangan janin yang dikandungnya. Oleh sebab itu selain cek up rutin ke dokter kandungan, melalui artikel ini kami akan memberi informasi mengenai perkembangan janin ketika masih di dalam kandungan. Ada sembilan tahapan sesuai dengan masa kehamilan. Untuk itu yuk kita ikuti tahapan demi tahapan Perkembangan janin ketika bayi masih dalam kandungan.

perkembangan janin

  1. Usia Kehamilan 1 bulan

Masa usia satu bulan biasanya banyak calon orang tua yang belum sadar jika dirinya sedang hamil. Untuk diketahui, pada usia satu bulan, bayi masih berbentuk embrio yang memiliki ukuran sangat kecil. Banyak dokter kandungan mengatakan, ukuran bayi ketika berusia satu bulan dalam kandungan layaknya kacang hijau. Pada usia kehamilan satu bulan sangat lah rawan, oleh sebab itu jika calon ibu tidak berhati-hati, malah bisa saja kehilangan calon bayinya.

  1. Usia Kehamilan 2 bulan

Pada usia dua bulan, embrio pada rahim sudah mengalami pertumbuhan yang begitu pesat. Organ-organ seperti struktur dasar otak, mulut, mata, dan hidung mulai terbentuk. Namun, tentu saja bagian tersebut masih sangat lah kecil.

  1. Usia Kehamilan 3 Bulan

Pada usia tiga bulan, seiring dengan bertambah besarnya perut ibu, maka janin di dalam kandungan juga mengalami perkembangan. Di usia ini tulang-tulang dan semua organ vital sudah terbentuk dengan sempurna, dan sudah berfungsi dengan baik. Hanya saja, si bayi dalam kandungan belum mampu membuka matanya serta mengaktifkan kemampuan pancainderanya.

Baca Juga :  Update Harga Microwave berbagai Merk di tahun 2019

perkembangan janin

  1. Usia Kehamilan 4 Bulan

Memasuki usia empat bulan, bayi dalam kandungan sudah dapat melakukan gerakan-gerakan, mendengarkan suara, dan tertidur. Di usia ini juga, jenis kelamin si bayi sudah bisa diprediksi apakah itu laki-laki atau perempuan.

  1. Usia Kehamilan 5 Bulan

Pada usia lima bulan, berat dan ukuran bayi di dalam kandungan sudah begitu berkembang dengan pesat. Selain itu, tulang-tulang rawan pada bayi juga mulai berubah menjadi tulang keras. Hal lain ketika usia bayi lima bulan adalah mulai munculnya lapisan lemak yang nantinya akan menjaga suhu tubuh bayi setelah lahir.

  1. Usia Kehamilan 6 Bulan

Pada usia enam bulan, hal yang ditunggu-tunggu mengenai jenis kelamin bayi akan terjawab. Jenis kelamin bayi di usia enam bulan sudah bisa dipastikan dengan jelas. Namun tentu saja, hal ini tergantung dengan posisi bayi ketika saat sedang di USG. Selain itu, pada usia 6 bulan ini, mata bayi sudah mulai sensitif terhadap cahaya lho.

  1. Usia Kehamilan 7 Bulan

Di usia ini sistem organ bayi sudah menuju sempurna. Ibu tentunya akan mampu merasakan bayinya dalam keadaan tidur atau sedang terbangun. Ketika sedang terbangun, bayi akan melakukan gerakan hingga mengisap-hisap jempol.

  1. Usia Kehamilan 8 Bulan

Usia ini adalah usia pematangan. Perkembangan yang mungkin adalah berat dan ukuran bayi. Selain itu, bayi juga mulai berputar menuju arah jalan keluar.

  1. Usia Kehamilan 9 Bulan

Bisa dibilang usia kelahiran. Pada usia ini merupakan penyempurnaan dari setiap tahapan yang dilalui. Seluruh organ pada bayi sudah berfungsi sesuai dengan bagiannya masing-masing.

Nah itu dia tadi tahapan perkembangan bayi ketika masih berada dalam kandungan. Kamu bisa lihat referensi artikel lainnya dengan baca di sini.

Baca Juga :  REKOMENDASI SETRIKA MIYAKO DIBAWAH Rp 150 RIBU