Jangan Sampai Telat, Cek Pajak Kendaraan Kalian

Sudah tidak dipungkiri hampir semua yang ada barang, jasa, gaji, kendaraan, dan sebagainya terdapat pajak yang harus dipenuhi. Membayar pajak kendaraan merupakan salah satu kewajiban bagi kalian yang memiliki kendaraan bermotor. Masyarakat harus taat dan patuh membayar kewajiban sebagai beban kepemilikan, salah satunya pajak kendaraan. Tentunya tidak hanya kendaraan mewah saja yang dikenakan pajak kendaraan. Mulai dari truk, bus, mobil, hingga motorpun dikenakan pajak kendaraan. Sebagai pemilik kendaraan bermotor, kalian harus teliti cek pajak kendaraan kalian.

Hal tersebut sebagai upaya antisipsi keterlambatan saat membayar pajak agar tidak mendapatkan denda.
Pemerintah telah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin cek kendaraan bermotor. Cara untuk cek kendaraan kalian bisa diakukan dengan berbagai cara mulai dari, SMS, website atau online menggunakan layanan samsat, ataupun datang langsung ke kantor samsat terdekat.

1. Cek Pajak Kendaraan via Online atau Website

cek pajak kendaraan via online
cek pajak kendaraan via online

Selain via SMS, Cek Pajak Kendaraan bisa dilakukan via Online/Website bisa kalian lakukan dengan cara mengunjungi situs layanan pajak yang sudah terdaftar untuk masing-masing provinsi. Adapun beberapa provinsi yang sudah memiliki layanan cek kendaraan Online untuk mengecek pajak kendaraan antara lain Jakarta (http://samsat-pkb.jakarta.go.id), Jateng (http://dppad.jatengprov.go.id), dan Jatim (http://www.dipendajatim.go.id). Untuk mengakses layanan website tersebut, kalian perlu memasukkan nomor kendaraan dan NIK sebelum mendapatkan informasi pajak kendaraan bermotor.

2. Cek Pajak Kendaraan Aplikasi E-Samsat

cek pajak kendaraan via e-samsat
cek pajak kendaraan via e-samsat

Jika berada diluar provinsi kalian, cek pajak kendaraan dan pembayaran belum tersedia dalam layanan online, kalian harus melakukan pembayaran secara langsung dengan mendatangi kantor samsat. Cek Pajak Kendaraan menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional atau e-Samsat merupakan suatu layanan jaringan elektronik untuk memudahkan pembayaran dan pengesahan tahunan secara online. Pada aplikasi ini, kalian bisa mendapat informasi seputar besaran PKB dan SWDKLLJ kendaraan yang berkaitan dengan besaran pajak kendaraan kalian. Kalian dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui Playstore lalu membuat akun dengan memasukkan data diri dan data kendaraan. Aplikasi ini juga bisa menunjukkan status pajak kendaraan, yang harus dilakukan dengan cara login pada aplikasi ini lalu pilihlah Provinsi di mana kendaraanmu telah terdaftar, lalu masukkan plat nomor kendaraanmu.

Baca Juga :  Begini Cara Cek Resi JNE yang Cepat dan Tepat!

Jangan Sampai Telat, Cek Pajak Kendaraan Kalian

3. Cek Pajak Kendaraan via SMS

cek pajak kendaraan via sms
cek pajak kendaraan via sms

Sebelum kalian melakukan pembayaran tagihan pajak kendaraan bermotor, kalian perlu mengetahui besaran tanggungan yang harus dibayarkan. Saat ini, cara mengecek pajak kendaraan bermotor sangat mudah dilakukan. Cek pajak kendaraan dapat kalian dilakukan mengguanakan layanan via SMS. Tetapi, layanan tersebut hanya diperuntukkan bagi jenis layanan pajak setiap tahun, bukan pajak plat nomor kendaraan bermotor yang berlaku 5 tahun. Pembayaran pajak kendaraan bermotor harus dibayarkan setiap tahunnya dalam jenis pajak rutin. Selain pajak yang dibayarkan setiap tahunnya ada juga pajak yang dibayarkan setiap lima tahun sekali dan akan ditandai dengan pergantian plat nomor kendaraan baru dan juga pergantian Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
Layanan cek pajak kendaraan menggunakan SMS ini juga sama seperti layanan website yang belum tersedia untuk semua provinsi di Indonesia. Adapun beberapa provinsi yang sudah menggunakan layanan SMS untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan antara lain Jakarta Ketik: METRO (Plat Nomor Kendaraan Anda) kirim ke 1717, Jabar Ketik: poldajbr (Plat Nomor Kendaraan Anda) kirim ke 3977, dan Jatim Ketik: JATIM (Plat Nomor Kendaraan) kirim ke 7070.

4. Cek Pajak Kendaraan Manual

cek pajak kendaraan
cek pajak kendaraan

Bagi kalian yang tidak ingin berhubungan dengan teknologi, bisa melakukan cek pajak kendaraan dengan cara manual yaitu mendatangi kantor samsat terdekat. Apabila pengecekan dilakukan melalui kantor samsat berarti kalian harus langsung membayar tagihan pajak kendaraan yang dimiliki. Ada beberapa dokumen yang harus dibawa seperti: KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, dan bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (PKB) terakhir.

Nah, uraian mengenai cara cek pajak kendaraan bermotor yang bisa kalian pahami, semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Menarik Rayakan Diskon Harbolnas