Pantai Pandawa, Pesona yang Tersembunyi di Pulau Bali

Lokasi Uluwatu, Desa Kutuh, Kota Bali menyajikan pesona indahnya perpaduan pantai dan pegunungan. Tempat ini memiliki beragam pantai rahasia yang jarang diekspos oleh para wisatawan. Sebelum tahun 2004, kawasan pantai-pantai ini sempat sulit untuk dijangkau para wisatawan. Kemudian pemerintah setempat membangun infrastruktur untuk memfasilitasi wisatawan agar dapat menikmati indahnya pantai-pantai tersebut. Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai rahasia yang cukup populer di kawasan Uluwatu ini.

Nama “Pandawa” sendiri diambil dari lima ksatria Hindu kuno yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadeva.  Anda akan menemukan patung-patung ksatria ini serta ibu mereka, yaitu Dewi Kunti dalam perjalanan ke daerah Pantai Pandawa.

Pantai Pandawa, Pesona yang Tersembunyi di Pulau Bali

Sejarah

Pantai Pandawa

Terdapat kepercayaan bahwa bertahun-tahun yang lalu, penduduk Desa Kutuh selamat dari zaman kegelapan dengan menggali jalan mereka ke dalam gua untuk bersembunyi. Kemudian, mereka menemukan daerah tersembunyi di belakang tebing dan membangun kembali peradaban mereka. Kisah ini serupa dengan kisah Mahabharata (salah satu epos India kuno) di mana lima ksatria dan ibu mereka menggali jalan mereka ke Gua Gala-Gala untuk selamat dari kejahatan. Dengan demikian, pemerintah setempat menamakan pantai “Pandawa” sebagai peringatan sejarah dan kepercayaan mereka.

Olahraga dan pertanian laut

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa ini terkenal sebagai objek wisata dengan berbagai fasilitas olahraga airnya seperti berselancar, renang, voli pantai, jet ski, dan paralayang dari tebing Timbis ke pantai. Pantai ini juga dikenal sebagai pantai yang kaya akan pertanian alga dan rumput laut karena pantai ini memiliki bibir tepi pantai yang dangkal dan panjang yang cocok untuk bertani rumput laut.

Lokasi

Letak Pantai Pandawa cukup terpencil. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, dibutuhkan waktu perjalanan lebih dari satu jam (sekitar 18 km) untuk sampai ke pantai ini menggunakan sepeda motor. Biaya masuk ke pantai ini Rp. 8.000. Untuk mengeksplor pantai ini lebih luas lagi, Anda perlu menyewa pemandu lokal.

Pantai yang hangat

Pantai Pandawa

Bali merupakan salah satu pulau tropis yang banyak diminati wisatawan mancanegara. Para wisatawan sangat dimanjakan dengan udara hangat di pulau Bali. Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai yang paling hangat yang didukung dengan banyaknya fasilitas berjemur seperti kursi pantai dengan di bawah payung putih di sepanjang pantai.

Orang lokal yang mampu berbahasa inggris

Orang-orang lokal di sekitar Pantai Pandawa sebagian besar memiliki kemampuan berbicara bahasa inggris, sehingga wisatawan mancanegara dapat dengan nyaman berkomunikasi dengan mereka seperti  membeli makanan, bertanya arah, dan sebagainya.

Pemandangan yang sempurna

Di kala senja, wisatawan di Pantai Pandawa akan dimanjakan dengan pemandangan sunset di pantai ini. Matahari akan tampak tenggelam menghilang di balik tebing-tebing. Pemandangan langka ini sangat sulit didapatkan di pantai-pantai lain. Pemandangan akan terasa semakin sempurna dengan suara ombak yang menenangkan dan angin hangat di pantai ini.

Fasilitas Pengunjung

Pantai Pandawa menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan bagi pengunjungnya. Di pantai ini terdapat fasilitas toilet, ruang ganti, dan kamar mandi sehingga para pengunjung tak perlu khawatir untuk bermain bermandikan pasir dan air laut di pantai.

Tersedia warung makan

Bagi Anda yang malas membawa bekal saat hendak pergi berwisata, tidak usah khawatir karena di sepanjang tepi Pantai Pandawa terhampar warung-warung penduduk lokal yang menyediakan berbagai macam pilihan makanan dan minuman mulai dari ikan bakar, ayam bakar, nasi goreng, makanan-makanan western, sampai kelapa muda.

Pijat Tradisional

Untuk berjemur sambil berelaksasi, Anda dapat menggunakan jasa pijat tradisional yang tersedia di Pantai Pandawa Bali ini. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp60.000-130.000 tergantung dari durasi dan jenis jasa pijatan.