Kemudahan Balik Nama Kendaran Bermotor

Balik nama kendaraan bermotor merupakan suatu proses pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik pertama ke tangan pemilik kedua, begitu seterusnya. Balik nama dilakukan terhadap Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kepada pemilik kendaraan yang baru. Balik nama kendaraan bermotor bisa diperuntukkan untuk kendaran roda empat maupun kendaan roda dua. Bagi kalian yang ingin mengurus balik nama motor, sebelumnya harus tahu dan paham dulu bagaimana cara balik nama kendaraan bermotor sesuai prosedur atau tahapan yang benar. Dengan mengetahui prosedur dalam mengurus balik nama motor, kalian bisa melakukannya secara mandiri tanpa melalui perantara calo ataupun balik nama motor online.

Cara balik nama kendaraan bermotor memang cukup mudah, apalagi bagi kalian yang membeli motor bekas dimana surat-surat, baik STNK maupun BPKB masih atas nama pemilik tangan pertama. Sebab, apabila tak melakukan proses balik nama motor, nantinya kalian harus meminjam KTP pemilik kendaraan sebelumnya untuk proses perpanjangan pajak kendaraan, baik perpanjangan tahunan maupun 5 tahunan.

balik nama motor
balik nama motor

Proses pindah domisili suatu kendaraan secara permanen harus diikuti dengan adanya mutasi yaitu penyesesuaian dengan identitas dan alamat pemilik baru. Sebenarnya, biaya mutasi dan balik nama motor untuk sepeda motor tidak mahal, asal kalian bersedia mengurusnya sendiri. Benar sekali, saat mengurus mutasi kendaraan bermotor lumayan memakan waktu. Namun prosedurnya, tidak serumit dan sesulit yang dibayangkan masyarakat. Banyak orang yang menganggap ribet karena harus datang ke kantor Samsat kabupaten/kota asal dan Samsat kota tujuan. Kasus ini, biasanya terjadi apabila membeli kendaraan bermotor dengan plat luar kota/daerah.

Kemudahan Balik Nama Kendaran Bermotor

Untuk melakukan proses balik nama motor, kalian perlu mempersiapkan waktu luang untuk mengikuti proses cabut berkas di kota asal, dan seharian lagi untuk memasukkan berkas di kota tujuan. Anggap saja, mengurus mutasi motor ini sembari jalan-jalan sehingga tidak membebani pikiran. Dengan begini, kalian tidak perlu membuang-buang uang untuk membayar biro jasa. Sebab bila dihitung biaya jasanya saja kepada calo, itu sudah lebih dari cukup apabila kalian gunakan untuk ongkos saat mengurus sendiri. Saat kalian akan cabut berkas kendaraan bermotor, siapkan berkas yang dibutuhkan antara lain:

Baca Juga :  REKOMENDASI SETRIKA MIYAKO DIBAWAH Rp 150 RIBU

1. STNK Asli dan Fotokopi
2. BPKB Asli dan Fotokopi
3. KTP asli Pemilik Baru (pembeli) dan Fotokopi
4. Kuitansi Pembelian Motor Bermaterai RP6.000 dan Fotokopi
5. Cek Fisik Kendaraan

balik nama motor
balik nama motor

Ada beberapa tahapan prosedur yang harus kalian lalui dalam proses balik nama motor dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Untuk itu, bukan tanpa alasan mengingat nantinya kalian harus siap mengurusi segala dokumen dalam proses perpindahan data tersebut, baik itu STNK maupun BPKB. Sebab, setelah tahapan proses balik nama di STNK selesai, untuk selanjutnya yang bersangkutan harus mengurus perpindahan BPKB dari pemilik kendaraan bermotor lama ke pemilik yang baru. Nah, bagi kalian yang akan melakukan proses balik nama tapi belum tahu tahapannya, saya akan berbagi info terkait bagaimana cara balik nama motor. Yuk simak tahapannya!

Beberapa syarat-syarat pengurusan balik nama BPKB, antara lain:

1. Fotokopi STNK nama sobat atau yang telah dibalik nama
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi BPKB
4. BPKB yang asli dan fotokopi
5. Fotokopi hasil pengesahan cek fisik
6. Fotokopi kwitansi pembelian kendaraan bermotor

Kemudahan Balik Nama Kendaran Bermotor

Cara balik nama kendaraan bermotor BPKB ini bisa dilakukan sesudah balik nama pada STNK mengingat STNK yang sudah dibalik nama menjadi syarat untuk tukar nama BPKB ini. Jika syarat-syarat pengurusan balik nama BPKB tersebut sudah dipenuhi maka berikutnya prosedur tahapan pengurusan balik nama BPKB yang di antaranya:

1. Datang ke Polda/ Polres terdekat.
2. Lakukan Proses Pembayaran di Loket yang Disediakan.
3. Isilah Formulir Pendaftaran BBN dan BPKB Kendaraan.
4. Serahkan Formulir Beserta Berkas Persyaratan Kepada Petugas.
5. Pengambilan BPKB Baru.

Baca Juga :  Daftar Modem Wifi Harga di bawah 500Ribu

Prosedur balik nama BPKB kendaraan bermotor ini memang prosedurnya tak berbeda jauh dengan balik nama STNK. Hanya saja, cara balik nama kendaraan bermotor BPKB, harus melewati tahapan balik nama STNK terlebih dahulu. Pasalnya, STNK yang telah dibalik nama menjadi salah satu persyaratan utama dalam proses balik nama STNK.

Bagi kalian yang ingin balik nama motor tanpa kwitansi pembelian, bisa dilakukan dengan cara membuat kwitansi jual beli baru bermaterai dengan TTD asli pemilik kendaraan. Cara ini cara yang aman dan legal, namun sangat merepotkan jika tidak tau pemilik kendaraan.

Nah, setelah mengetahui cara balik nama kendaraan bermotor, baik untuk STNK maupun BPKB mungkin yang belum terbiasa tampaknya terasa rumit. Sekian ulasan mengenai kemudahan balik nama kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat!